Teknik Bore up Satria 120R

Kembali lagi berteori mesin motor pemirsah. Teknik bore-up di dunia motor singkatnya ialah memperbesar diameter piston dengan ukuran lingkar piston yang lebih besar milik piston motor lain, sehingga dengan bertambahnya ukuran piston maka otomatis memperbesar volume silinder atau CC nya. Rider professional atau mekanik biasa-nya mencermati ukuran PIN piston dan sisa dinding liner silinder nya sebelum melakukan teknik bore-up ini sedangkan panjang pantat dan tinggi kepala piston di abaikan karena bisa di akali dengan main ganjal paking bawah silinder dan potong pantat piston supaya tidak mentok di crankcase.

Khusus Satria 120R, cara bore-up ini bisa di lakukan dengan piston milik Suzuki RGR 150, karena pin piston milik kedua type motor ini sama, yang membedakan hanya tinggi pantat dan kepala piston saja dimana piston milik RGR 150 lebih tinggi dari Satria 120R. Jadi jika di antara kalian ada yang sedang berencana mem-bore  up Satria 120R bisa menggunakan piston milik RGR 150 ini.

Diameter piston RGR 150 ini sejauh yang penulis dapatkan di pasaran mempunyai diameter 59 mm, walau menurut brosur spesifikasi situs oraganisasi resmi suzuki sendiri DISINI untuk diameter piston standar-nya RGR 150 ini adalah 61 mm., yah mana penulis tahu tapi mungkin diameter 59 mm ini adalah milik RGR 150 kode "V" tahun rakit 1997. Oke kembali ke praktek bore-up Satria 120R, maka jika kalian ingin mengaplikasikannya adalah pertama membeli piston milik RGR 150, lalu pergi ke tukang bubut untuk di buat kan paking bawah silinder Satria 120R setebal 2 mm bahan logam alumunium atau logam lainnya dan acuannya pake paking standar saja, tidak hanya paking sekalian saja kalian korter silinder nya berikut papas bagian bawah/pantat piston RGR ini 5 mm atau 6 mm untuk amannya kemudian perlebar squish head silinder Satria 120R ini menyesuaikan diameter piston RGR 150 tadi.

Kalkulasi biaya bore-up Suzuki Satria 120R ini kurang lebih seperti berikut :
- Piston RGR 150  merk NPP = 145.000
- Pembuatan paking bawah silinder bahan logam = 85.000
- Potong pantat piston = 25.000
- Paking standar bawah silinder = 7.000
- Korter = 35.000
- Porting Head Silinder = 35.000
- Lem paking = 8.000
- Biaya bongkar dan pasang mesin = 25.000


Gimana bro sampai sejauh ini tulisan cerita saya? cukup jelaskan atau malah pusing?..hehehe, ya sudah tanyakan saja jika tulisan di atas ada yang rancu dan butuh di luruskan.



5 komentar:

  1. Kalo mapas head sama boringnya ukuran berapa?

    BalasHapus
  2. Klo bore up seher rgr os.125 kira2 apa aja yang perlu diganti/ dirubah, Pj Mj yang cocok ukuran brp,dengan setelan angin biasanya ketemu di berapa putaran ya..

    BalasHapus
  3. Klo bore up seher rgr os.125 kira2 apa aja yang perlu diganti/ dirubah, Pj Mj yang cocok ukuran brp,dengan setelan angin biasanya ketemu di berapa putaran ya..

    BalasHapus
  4. Gan saya ingin posting artikelnya boleh ?

    BalasHapus
  5. Broo kalo ng bore up harus korter blok nya apa ganti boringan nyaa ?? Tolomg pendapat nyaa soal nya lag proses bore up

    BalasHapus