Dimensi Liner Satria 120R - Bekal BoreUp Extrem

Penulis tak bosan-bosannya menyinggung mesin 2tak atau 2-Stroke khusus-nya Suzuki Satria 120R, sesegera mungkin biasanya saya mengupdate postingan tiap kali mempunyai pengalaman mengenai bongkaran/teori mesin motor yang baru atau sedang saya kerjakan.

Seperti kali ini penulis akan menginformasikan serta melampirkan pula tentang dimensi standar Liner atau dinding piston Satria 120 hasil iseng-iseng ukur saat hari libur tadi membongkar blok silinder. Berikut adalah gambar blok silinder Satria 120 lengkap dengan nilai-nilai dimensinya :




















Tujuan penulis mempublish dimensi tebal dan diameter Liner blok silinder Satria 120 adalah barang kali di antara kalian ada yang sedang berencana melakukan bore-up extrem sehingga harus memperbesar diameter Liner dan ngorter bagian blok rumah Liner nya untuk memasukan piston jumbo ke dalam nya.

Secara teori mesin Satria 120 sanggup di bore-up melebihi bore-up umumnya seperti kebanyakan orang/mekanik memakai Piston RGR 150. Namun penulis kira untuk melakukan bore-up yang tidak umum ini kita harus mengkalkulasikan beberapa hal seperti di bawah ini :
  • Sisa dimensi lubang Transfer dan bilas/boost port.
  • Jarak bersih lubang dudukan asli blok silinder dari dinding/liner luar piston.
  • Dimensi tinggi kepala dan pantat piston yang akan di pakai.
  • Lubang pen piston, namun untuk ini bisa di akali dengan bos pen di buat dari tukang bubut
  • Jarak main diameter crankcase, karena bagian pantat liner masuk ke ruang crankcase/karter.
Cukup sampai ini dari penulis, silahkan share pengalaman kalian dengan berkomentar jika sudah/pernah mengalaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar