Jadi jika kalian ingin mengaplikasikannya sendiri untuk korek mesin yang kebetulan motornya sama yaitu Satria 2tak silahkan jiplak atau sedikit sesuaikan hasil praktek korek pada mesin Satria 2tak saya. Namun sebelumnya perlu kalian ketahui kondisi motor saya sebelum di korek seperti di bawah ini :
- Pengapian masih standar yaitu menganut sistem pengapian DC.
- Magnet masih standar
- Karburator untuk sekarang menggunakan Mikuni Kotak 24 mm, namun karbu selain itu juga bisa dipakai asalkan orisinil dan stok ukuran spuyer banyak pilihan.
- Knalpot bisa mengandalkan model standar racing, bisa knalpot bahan ataupun knalpot merk ternama.
- Lubang pada Blok Silinder standar.
- Head silinder masih standar.
- Mata bor tuner yang panjang seharga 60.000
- Bor tangan ukuran kecil, yang ini kebetulan saya punya
- Mistar besi, jika ada sebaiknya menggunakan Sigmat.
- Grenda
- Babat bagian atas Lubang buang di silinder dan bentuk seperti oval, untuk bagian kiri-kanannya babat 1 mm, tinggi lubang buang sisakan sampai 24 mm dari bibir silinder atas.
- Tinggikan lubang transfer dengan membor-nya dari belakang silinder, landaikan alas lubang transfernya, ketinggian lubang transfer jadikan 38 mm dari bibir atas silinder.
- Grenda silinder bagian bawah yang mengarah pada lubang transfer lalu pangkas hingga bentuk keseluruhan seperti kancut atau celana dalam (lihat gambar).
- Untuk lubang bilas cukup haluskan saja.
- Pada bagian head silinder papas 2.5 mm, Diameter sesuaikan dengan OS piston yang di pakai (diameter standar head silinder adalah 57 mm), buatkan Nat sedalam 0.5 mm, kemudian kemiringan Squish di buatkan 13 derajat. Untuk kubah atau dome standarkan. Jika dengan spek ini rasio kompresi di angka10:1 an dan BBM yang di pakai maksimal bisa Pertamax Plus atau Pertamax biasa tanpa harus menggunakan Benzol. Pengerjaan head silinder di olderkan ke tukang bubut, umumnya di patok harga 25-30 ribuan untuk pengerjaannya.
- Pada bagian Magnet papas 2 mm bagian atasnya, namun tidak mengenai pickup nya yah. Perngerjaan magnet ini ke tukang bubut dan biasanya di patok harga 20 ribu saja.
- Tahap tuning silinder, head silinder, dan magnet selesai. Di anjurkan sebelum melakukan over size untuk pengerjaan ini supaya bagian dinding silinder tidak baret akibat melesetnya bor tuner saat mengerjakan.
- Ganti knalpot dengan model Standar Racing, usahakan knalpot yang di pakai terkredibilitasi design dan ukurannya supaya seting karbu dan mesin maksimal.
- Selanjutnya tahap seting karburator, di anggap semuanya sudah terpasang dan normal. Pastikan ukuran Pilot/Main jet dari yang terkecil saat seting, naikan terus Pilot jet saat motor drop setiap kali pergantian gigi 1, 2, dan 3 saat motor di geber nge-drag.
- Kecilkan ukuran main jet jika grip gas di gaungkan full saat motor di seting di tempat menglami brebet di putaran atas.
Gambar silinder Satria 120 R model kancut pada transfer port |
Catatan :
Suksesnya hasil korek mesin di kalian tergantung kesabaran dan ketilitian serta keloyalan budget yang kalian keluarkan dalam pengerjaan maupun coba-coba dan tak lupa yaitu Diagnosa terhadapa gejala mesin saat mengalami keganjilan.
gan punya saya kok koplingnya selip terus ya pdahal kampasnya dah baru...gmn gan tanks.
BalasHapuscoba ganti kaki lima nya dulu gan atau karet rumah kupling nya
HapusBener gan..itu kaki lima atau per diafragmanya lemah.. Ga bakal awet kampasnya kalau ga sekalian diganti
Hapusa
BalasHapusganfungsi lubang diatas luvbang transver dibuat seperti cangcut tuh buat apa ???
BalasHapusgmna dgn kop nya gan
BalasHapusgan saya mau tanya kalaw bag kruk as di gimanain gan buat ukuran drag..??? tank's
BalasHapusmotor ane kluaran thn 2000. tp mesin udh gnti inden ori.
BalasHapusmau ane tu motor buat lawan ninja.
kuat G gan ?? ato ada saran .. :-):-P
mikir dulu 2kali gan..ninja bukan lawan yang gampang di kalahkan apalagi kalo ninjanya uda di tune up..
Hapusgan ogut pnya satria thn 2002 seher dah d ganti pake RGR boring dah d bentuk bubut jaraknya juga liner udah di papas tpi knapa larinya masih kurang ,,,,,,,,,,,,,
BalasHapusbantu ya gan infonya tenks,,,
piston rgr ukuranya lebih besar,jadi lubang buang harus lebih diperbesar dengan cara,copot liner dan bentuk lubang buang mirip punya ninja rr pasti lebih mantappppppppppppppp
Hapuscoba baca itu,, mengenai korekan 2 tak full.. korekan itu gk segampang yang dikira... http://tuneupbyhenry.wordpress.com
BalasHapussssss ya...........
BalasHapussssss ya.....
BalasHapusGan satri punya q kalo buat lari kenceng kok pist0nnya macet ya . . Itu masalahnya apa ya ?
BalasHapuskalo yang saya udah over size 200
BalasHapusbaut mapas headnya berapa ?
kalo yang saya udah over size 200
BalasHapusbaut mapas headnya berapa ?
gan satria pux ku personelingx keras,gimana solusix gan
BalasHapusUlasan mesinnya menarik gan. Thanks.
BalasHapussemua nya udh gue lakuin tnggal mapas magnet tpi tenaga nya cman masih sma aja ,gmna tuh bos ...?
BalasHapusMau nanya gan satria 2 tak ane, ane bikin trail trus ane pasangin knalpot perut udang kok tarikannya ngempos ya??? Gimana tuh gan
BalasHapusgan piston honda sonic cocok ngk buat satria 2tag
BalasHapusgan piston honda sonic cocok ngk buat satria 2tag
BalasHapusCocok
HapusCocok
Hapuspunya aku pasang piston punya rgr ov std porting knalpot std tapi udah bedelan karbu pe 28 gir belakang uk 43 gir depan uk 13 udah mantep
BalasHapusTinggi lubang transfer standartnya berapa ya gan??
BalasHapus