Dimensi ukuran rumah membran Rxz dan Satria 120

Teori modifikasi mesin motor kali ini akan memebeberkan, menguraikan trik memperbesar kompresi primer 2 stroke yang kerap di singgung oleh mekanik balap. Sejatinya untuk memenuhi hal tersebut umumnya di tempuh dengan 2 (dua) cara yaitu pertama adalah menambal celah-celah pada bandul kruk-as dengan analogi semakin besar volume kruk-as semakin kecil volume crankcase sama dengan atau di kenal kompresi primer, kedua adalah dengan mengganti reed valve atau rumah membran standar dengan produk racing seperti reed valve v-force atau bekas membran motor lain yang lebih besar yang bertujuan supaya suply gas dalam satu waktu yang masuk ke ruang crankcase lebih banyak.

Mahalnya harga rumah membran racing ini, katakanlah v-force yang barunya di kisaran 1,4 juta ke atas membuat para rider atau modifier motor drag/road race sebagai batu sandungan dan mengurungkan niatnya terlebih dari segi mekanisme cara kerja serta fisik reed valve/membran yang terbilang sederhana dan kecil membuat kita berpikir ulang "masa iyah barang berfisik (berbentuk) sekepal tangan dan cara kerja semudah itu dapat meningkatkan power mesin signifikan".

Para penghobi balap liar malam untuk mesin 2 tak banyak memodif piranti tersebut guna mendongkrak kompresi primer 2 tak, dari kebanyakan trik adalah memodif bandul kruk-as yang jarang dipakai dikarenakan tingkat kesulitannya yang tinggi. Oke sekarang pertanyaannya bagaimana kita melakukan modif mesin drag pada sektor reed valve atau rumah membran jika barkantong pas-pas'an khususnya pemilik motor satria 120 yang mempunyai kelemahan pada kompresi primernya? Solusi mengganti reed valve/rumah membran bawaan dengan milik Yamaha Rxz adalah jawabannya.

Jika kalian ragu dan berpikir berapa dimensi ukuran rumah membran Rxz untuk di modif dan di pasang pada Satria 120R berikut adalah gambar perbandingan fisik dan detail (hasil autocad) dari rumah membran original Rxz milik keponakan yang sengaja di ukur juga rumah membran satria dan rxz baru imitasi saya.

Kiri membran satria, kanan milik RXZ
Membran lengkap RXZ dan Satria 120
Beda penampang dudukan Rxz & Satria 120

Beda lebar penampang dudukan Rxz & Satria 120        
Tampak samping dimensi Membran Rxz
Tampak samping dimensi Membran Rxz lengkap

Tampak depan dimensi Membran Rxz
Tampak belakang dimensi Membran Rxz


Catatan :
Rumah membran Rxz imitasi dan asli ukurannya tidak jauh beda hanya permukaannya saja yang kasar, jadi hemat saya beli saja rumah membran imitasi Rxz yang seharga 80 rb (harga Bogor) namun lidah membrannya beli yang asli seharga 44 ribu/lembar. Untuk bisa masuk ke crankcase Satria papas kiri-kanannya 1 mm'an rumah membran Rxz ini. Untuk cara lengkap silahkan lihat tips pasang Membran Rxz ke Satria 120.

Jika sudah merasa yakin untuk membeli reed valve Rxz untuk di aplikasikan ke Satria 120 R saya sudah merasa senang anda meninggalkan pesan di bawah. Sumber photo dan detail dimensi/ukuran murni di ambil motor saya yang sedang di bangun ulang, lebih lengkap kontak saja ke facebook saya di sini

6 komentar:

  1. ruang membran satria perlu di besarin g? supaya membran RXZ bs masuk?

    BalasHapus
  2. sory numpang tanya ... apakah rumah membran ninja 150R/RR sama dengan rumah membran satria 2 tak ?? dan apakah satria 2 tak bisa pakai rumah membran ninja 150 R/RR ?? mohon penjelasannya !! makasih sebelumnya !!

    BalasHapus
  3. satria 2tak ane pake membran rxz, tapi saat gas max,. nembak2x kenapa ya,.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin suply bahan bakar kurang..

      Hapus
  4. Sya jga mau tnya
    Punya sya satria nya msih stndar
    Sya mau biar mtor sya aga kenceng
    Yg hrus di gnti apa ny ya...
    Tlong blas ya

    BalasHapus