Pasang reed valve RXZ di Satria

Sudah jadi barang umum trik mekanik mengganti Reed valve Satria 120 dengan Reed valve RXZ ialah untuk memperbesar kompresi primer 2tak dan debit gas bahan bakar yang masuk ke crankcase (daerah bandul kruk-as), trik ini juga sebagai alternatif mahalnya reed valve impor vforce.

Analoginya menurut para mekanik (bukan saya, namun setuju berpikiran demikian) bahwa dengan mengganti reed valve pada motor 2tak dengan yang lebih besar maka power tenaga mesin, terutama top speed serasa tidak ada habisnya dan terisi terus akibat debit gas yang lebih besar.

Selain putaran tenaga yang selalu terisi kelebihan lainnya ialah napas mesin akan lebih panjang, ini akibat dari debit gas yang banyak tadi, contoh persamaannya seperti mengaplikasikan tabung induksi saja.

Walaupun trik mengganti reed valve Satria dengan Yamaha Rxz ini sudah umum namun pada prakteknya hanya segelintir mekanik saja yang mengetahui pemasangan Reed Valve RXZ di Satria ini, maka dari itu dalam kesempatan posting kali ini penulis akan berbagi pengalaman tentang bagaimana memasang Reed valve RXZ di Satria 2Tak.

Oke, berapa sih harga Reed valve Yamaha RXZ yang orisinil?
Reed valve RXZ di toko spare part Yamaha Rp. 475.000 yang mana ini 1 set terdiri dari Rumah membran, membran/lidah, dan Intake/manifol. Tidak hanya itu, Reed valve Rxz ini biasanya harus inden dulu kurang lebih 1 minggu karena biasanya toko spare part yamaha tidak menstok part motor lawas.

Untuk pemasangannya sendiri ke mesin Satria 120 tidak langsung klop, kita harus memapas crankcase bagian atas dan bawah sebanyak 2 mm dan harap di catat untuk selalu mengambil patokan dari bawah karena lubang baut untuk dudukan reed valve bagian bawah nantinya akan sangat tipis selesihnya.

Bagian dudukan/lobang baut dudukan Reed valve Rxz sebaiknya jangan dulu di modif untuk di pas kan dengan dudukan standarnya, tunggu dulu selesai hingga dirasa sudah pas masuknya reed valve ke crankcase baru deh memodif lobang dudukan reed valve supaya pas dengan dudukan standarnya.

Manfaatkan kaleng oli Top One untuk membuat paking antara reed valve dengan mulut crankcase supaya tidak bocor nantinya, hal ini karena celah yang di hasilkan dari tebal besi stoper dan tinggi baut penjepit lidahnya.

4 komentar:

  1. sory, mau tanya !! apakah rumah membran ninja 150R/RR sama dengan rumah membran satria 2 tak ?? mohon penjelasannya !! makasih banyak sebelumnya !!

    BalasHapus
  2. thanks info-nya, cukup membantu dan membuat sy berhati-hati dlm pengerjaan

    BalasHapus
  3. gambarnya gak muncul om, munculin dong biar lebih paham

    BalasHapus