Memahami setingan karburator

Setingan karburator menjadi langkah akhir dari setiap pekerjaan korek motor, entah itu mesin 4 tak ataupun 2 tak pasti akan melewati tahap seting karburator. Tahap seting karburator membutuhkan waktu yang relatif lama dibanding saat tuning bagian mesin lainnya yang berhubungan dengan performa. Waktu minimal yang dibutuhkan para tuner dan mekanik mesin balap untuk mencari setingan karburator dengan komposisi mesin kurang lebih sekitar 1 minggu.

Mesin motor standar, korek harian, atau korekan full di anggap layak di tes untuk berlari di trek saat gejala brebet knalpot hilang baik itu pada putaran grip gas full atau sedang. Saya tekankan gejala brebet ini tidak dipengaruhi oleh entah itu karburator standar ataupun karburator racing. Baik itu karburator racing sekalipun jika spuyernya tidak pas, gejala brebet saat seting karburator akan ditemui.

Nah sekarang bagaimana caranya bagi kita orang awam mengenali atau memahami seting karburator yang sesuai dengan mesin, ada sedikit parameter bagi kita dengan menggunakan filling untuk menetukan komposisi spuyer karburator yang pas.

Berikut step-step mengenali gejala motor dari setingan karburator :
  • Tanda pilot jet terlalu kecil, saat motor diajak berjalan sedang dan putaran grip gas tanggung (grip gas di gantung) jalannya motor endut-endutan. Silahkan di naikan/ganti dengan pilot jet berukuran 1 klip di atasnya, tingkatan ukuran pilot jet adalah misal dari 17.5, 20.0, 22.5, 25.0, dan seterusnya, tiap kenaikan atau penurunan pilot jet selisih 0.25
  • Tanda pilot jet terlalu besar, saat motor di ajak berakselerasi atau grip gas di putar sekaligus dari bawah dan mesin terasa nahan juga bunyi knalpot ada brebet. Silahkan sesuaikan dan turunkan 1 klip ukuran pilot jet-nya.
  • Tanda main jet terlalu kecil, putaran mesin di atas terasa kering dan kecepatan motor pada top speed statis. Jika di putar grip gas di tempat, raungan mesin pada putaran mesin full seperti nangis walaupun gejala brebetnya hilang. Main jet terlalu kecil tidak membuat gejala mesin brebet pada putaran atas.
  • Main jet terlalu besar, putaran mesin pada grip gas full saat berpindah gigi akhir misal gigi 5 atau 6 suara mesin ada penurunan (seperti berat) namun jangan salah mengartikan putaran mesin berat disini bisa bertanda kampas kopling masih bagus tetapi jika pada perpindahan gigi dan rpm mesin belum tinggi, lain ceritanya kalau saat perpindahan transmisi gigi akhir dan rpm mesin tinggi namun mesin terasa berat. Jika di seting di tempatpun (motor tidak di tunggangi) grip gas pada putaran atas akan membuat brebet pada mesin dan knalpot.
  • Posisi klip jarum skep terlalu irit, mengakibatkan gejala mesin menjerit kurang bahan bakar juga pada rpm tengah dan tinggi pada saat grip gas di putar sekaligus naik turun saat motor di seting di tempat.
  • Posisi klip jarum skep terlalu boros, mengakibatkan gejala brebet pada putaran atas grip gas saat seting di tempat, saat motor di tunggangi gejala brebet hilang pada top speed namun jika grip gas di lelepin sekaligus rpm mesin tidak mampu tinggi karena gejala brebet (hal ini penting untuk start para motor drag).
  • Setingan pilot dan main jet serta jarum skep yang pas untuk komsumsi mesin ialah saat skrup angin di putar kurang lebih 1.5 kali putaran obeng min dengan keadaan rpm mesin perkiraan ada pada putaran tengah (grip gas tanggung) mesin motor berteriak dan naik sendiri seiring skrupnya di putar.

Trik memahami setingan karburator di atas di pengaruhi banyak hal, bisa jadi setingan karburator sudah pas dengan kebutuhan mesin namun spesifikasi di bawah ini penyebabnya :
  • Spesifikasi atau kebutuhan knalpot yang belum sesuai, ingat pada artikel sebelumnya soal desain knalpot 2 tak.
  • Tegangan pengapian tidak konstan.
  • Busi yang sudah tidak layak pakai.
  • Porting silinder mesin 2 tak terlalu berlabih.
  • Dan sebagainya.


Ingat, mendeteksi campuran bahan bakar yang pas dengan kebutuhan mesin dan karburator adalah dimana warna busi atau kop silinder coklat ke bata-bataan saat di buka setelah mesin di ajak berlari full atau grip gas di putar full. Jika hitam dan basah menandakan bahan bakar terlalu banyak dan jika putih menandakan bahan bakar terlalu irit.

43 komentar:

  1. maksudny ngais. . diputaran pnjang. .
    nafasny panjang gtu ya.

    BalasHapus
  2. wah boleh juga nih buat di pelajari .....

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat sekali infonya buat di pelajari, sukses selalu gan ,.............

    BalasHapus
  4. ni ada keluhan dikit bos... satria 120 ane pake pwk 34.. mulai dari gigi 1-5 g ada maslah tpi di gigi 6 motor langsung ngok dan mati.. udah di cek berulang2 kali dikarbu g ada masalh... MJ pake 152.. mhon pencerahan bos.............

    BalasHapus
  5. Kalo ngok itu dari settingan karbu deh, kalo mati itu overheat kali..

    BalasHapus
  6. Kalo ngok itu dari settingan karbu deh, kalo mati itu overheat kali..

    BalasHapus
  7. Good thnks mas bro atas sarannya.. Ini saran yg mudah jelas dan gampang mengerti,, I like u friend,, u is the best, for all auto.

    BalasHapus
  8. motor gua HONDA BLADE 110. ada sdikit masalah, .... saat motor dalam keadaan berhenti,pas digas sampe diputaran tinggi g ada masalah. tp padasaat motor lari dengan putatan tinggi, kecepatan 80 km. mulailah mesin brebet. sampe gas tdk bisa tinggi.. penyebabx apa boss..? minta solusinya boss..

    BalasHapus
  9. motor gua HONDA BLADE 110. ada sdikit masalah, .... saat motor dalam keadaan berhenti,pas digas sampe diputaran tinggi g ada masalah. tp padasaat motor lari dengan putatan tinggi, kecepatan 80 km. mulailah mesin brebet. sampe gas tdk bisa tinggi.. penyebabx apa boss..? minta solusinya boss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sama bos mtor sya honda absolut revo
      Kasus nya sama kaya om

      Hapus
  10. om..motor ane brebet ditengah..tp klo dibetot mau.
    apanya ya??
    mohon bantuan.

    BalasHapus
  11. Motor pada putaran atas brebet itu knapa ya mas bro?

    BalasHapus
  12. Brebet Brebet Brebet... Infonya top.. Kalo brebet atas MJ nya naikin aja bos.. Motor ane dah sembuh..

    BalasHapus
  13. Motor ane gl max 2004,saat di gas tiba2 langsung meraung trus ga bs balik,kenapa ya?

    BalasHapus
  14. Keren info nya mas.. lengkap dan detail.. sukses selalu bro

    BalasHapus
  15. Mlm bos... tlg info knp ninja draq sy pk dm 68 pas lgi nyeting saat star motor ngok... tlg masukan kira2 penyebabx apa sj

    BalasHapus
  16. Mlm bos... tlg info knp ninja draq sy pk dm 68 pas lgi nyeting saat star motor ngok... tlg masukan kira2 penyebabx apa sj

    BalasHapus
  17. Mlm bos... tlg info knp ninja draq sy pk dm 68 pas lgi nyeting saat star motor ngok... tlg masukan kira2 penyebabx apa sj

    BalasHapus
  18. Turunin pj aj boz klo putran bawah ngok
    Kalo putaran atas yg ngokk tgl trunin mj ny

    BalasHapus
  19. MotrQ BlitzR, lupa tahun terbitnya .....
    iseng" aku coba ganti karbu std dengan karbu Ninja R, tp alhasil mlah ogah jalan. ketika gas di tarik si Motor mlah bret..bret..bret..bledag..bledag gitu.

    itu kenapa ya Om ?
    mohon penjelasanya ........

    BalasHapus
  20. Motor ane jupiter z 130 harian.pake karbu rx125, pas stard gas gk bisa di langsung, di setting langsam gk bisa stabil alias rpm naik turun, saat putaran atas motor serasa nyendat,dan bunyi ngok, perpindahan gigi akhir rpm menurun drastis dan berat. Tolong jawabanya

    BalasHapus
  21. informasi yg suipp gan ....

    BalasHapus
  22. Mas nanya porting terlalu besar apakah mesin gk bisa langsam...
    Soalnya uda tak coba ganti spuyer main n pilot jet tetep gk mau langsam malah kayak setingan balap ndredet...
    Maksaih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Porting kebesaran begitu mas, soalnya jadi gede volumetriknya.
      coba stel klep sama jetting karburatornya. Sesuain aja mas. Polish sekalian sama papas nokenas.

      Hapus
  23. Mohon pencerahan nya dong, kalo motor di bawah, tengah, atas enak namun kalau di lepas gas sedikit nembak ( kaya ada yang main petasan di kenalpot heheee) apanya ya itu ??

    BalasHapus
  24. Mas mtor saya new mx pke blok vixion udah porting anehnya saya pke karburator standard bisa lari 130 trus pas ganti pe28 ko cuma mentok 100 iya saya pke pj 38 mj 110 tarikan awal sudah joss pas rpm atas berat

    BalasHapus
  25. Mas mtor saya new mx pke blok vixion udah porting anehnya saya pke karburator standard bisa lari 130 trus pas ganti pe28 ko cuma mentok 100 iya saya pke pj 38 mj 110 tarikan awal sudah joss pas rpm atas berat

    BalasHapus
  26. Mas karbu PE26 di karisma piston kaze os 175 kok RPM atas suara mesin nyendat2. Gak maubteriak, jalannya kalo gas full endut2 an.. Sepuyer 48 dan 122

    BalasHapus
  27. mlm mas info dong mas syA punya f1zr law d selah kadang susah sekalix hidup baru di tarik sedikit gas nya udh ngegerung itu apa nya eaa mas PJ nya udh saya ganti masih aja kayak gitu mas law valep membranx ngarh ngg eaa

    BalasHapus
  28. Gan saya punya MX bore up 150cc di pasang karburator PWK 33 bisa apa nggak gan?

    BalasHapus
  29. Kalau motor saya rxz,membran vforce 4,karbu pwk 38...digigi satu langsung gas poll nggak masalah,begitu oper gigi je dua langsung betot ngok,nggak mau..kalau dilangsam mau..kira2 apanya bos?

    BalasHapus
  30. Kalau motor saya rxz,membran vforce 4,karbu pwk 38...digigi satu langsung gas poll nggak masalah,begitu oper gigi je dua langsung betot ngok,nggak mau..kalau dilangsam mau..kira2 apanya bos?

    BalasHapus
  31. Mau nanya bro?
    Sya punya beat karbu
    kalo di gas dari 1/2 ke atas gaspol kaya ada jeda(ngosong).
    tPi kalo motor udah panas,baru rasanya lebih menonjol jeda (ngosong)nya
    kalo dari 0-1/2 normal
    kalo lamsam,atAsnya enak .. cuman di rpm 1/2 aja ada jeda(ngosong)
    Padahal udah di tes karbu sya ke motor tmen sya
    hasilnya normal
    Pas sya tes karbu tmen ke motor sya..
    gitu lagi (ngosong)
    Pdahl karbu bawaan asli.
    solusi atasi maslahnya gimNa bro ??

    BalasHapus
  32. Mau tanya buat motor mio karbu setel irit. pj 35 mj 100 normal gak sih

    BalasHapus
  33. Mau tanya om, motor saya f1zr fullcluth 2002 lepas filter angin, kalo di bawa ngebut terus gas di lepas kenapa naik nya lambat banget. Hampir setengah gas baru naik lagi

    BalasHapus
  34. apa ini benar bisa ? saya sudah mencoba beberapa cara
    tetapi hasilnya masih tetap sama saja. saya juga telah
    membaca beberapa artikel terutama di situs ini Topliva Ekonomiya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum sembuh, cek ketinggian pelampung. Kondisi lubang nozzle pj mj dan nozzle jarum. Ketinggian hose jarum (tembaga tempat jarum naik-turun), desain jarum skep, kondisi botol skep. Kebocoran udara antara karbu dan manifold. Posisi karbu ngedongak atau datar.

      Hapus
  35. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor di Tutorial Memperbaiki Mobil Motor

    BalasHapus
  36. Bos motor saya brebet saat di Bawak rpm tinggi tapi brebet pas mau masuk gigi 3 dan 4,mohon pencerahannya bossquee

    BalasHapus
  37. Om saya pake skywave, motor saya pake pe 24 open filter PJ 35 MJ 100, puteran bawah manteb, tp pas ke putaran tengah ke atas ngok, kira kira diapain lagi ya?

    BalasHapus
  38. Bang saya pake jupiter z 125 cc pake pe28 tapi kok saat gas 3/4keatas ngok kenapa bang mohon infonya bang

    BalasHapus