Pengalaman pahit memodifikasi Bandul kruk-as motor

Kalian terpikir ingin memodifikasi bandul kruk-as guna membesarkan kompresi primer motor 2 tak kalian? Ensiklopedia Tuning Motor 2 Tak lewat post kali ini akan sharing pengalaman pribadi tentang modif bandul kruk-as dengan menutup celah-celah pada bandul kruk-as yang kelewat kosong pada mesin motor Satria 120, Rxz, dan Ninja.

Memang efek dari memodifikasi bandul kruk-as ini akan berimbas power motor terasa berisi dari putaran bawah sampai atas walaupun masih menggunakan reed valve/rumah membran standar, hanya saja modifikasi pada bandul kruk-as ini di perlukan ketilitian, pengalaman, dan pengetahuan yang mengerjakannya baik dari segi material, senyawa material logam, dan las-las'an yang di gunakan dan jika tidak maka kasus seperti yang di alami saya yaitu lubang pen stang seher bawah tidak center akibat pemuaian dari panas yang di hasil oleh las argon. Berikut ini ialah photo dokumentasi modifikasi bandul kruk-as Satria 120 saya yang gagal karena lubang pen tidak center :


Hasil awal setelah celah pada bandul di tutup Las argon dengan kawat stainless. Hasil milling dan bubut. Menyatu bukan logam dan las nya?.


Dengan harapan pengalaman saya tidak terulang dan dapat di revisi oleh kalian yang akan berencana memodif bandul kruk-as juga maka saya harap posting kali ini tuningklopedia dapat mengilhaminya...:D, saya harap kalian sukses dalam memodif bandul ini dan berbagi pengalamannya dengan meninggal komentar di bawah.
Read more

SERA buka kembali, balap liar di Sirkuit Sentul

Para penghobi balapan liar trek lurus kawasan Jabodetabek mungkin salah satunya kalian pernah ikut event tidak resmi balap trek lurus di Sirkuit Sentul yang bernama SERA, nama SERA di telinga para pebalap liar trek lurus mungkin sudah akrab terdengar selain eventnya tidak resmi yang berlokasi di Sirkuit Sentul (trek sirkuit), maka aturannya juga minim dengan demikian tarohannya blak-blakan, polisi aman, trek panjang, dan jalan lebar. Oke sedikit bocoran aturan main panitia SERA:
  • Peserta wajib memakai Helm Full Face.
  • Peserta wajib memakai jaket ( Di sarankan berbahan kulit ).
  • Peserta wajib memakai celana panjang jeans atau berbahan tebal lainnya.
  • Peserta wajib memakai minimalnya sepatu cats seatas tumit/mata kaki.
  • Peserta membayar tiket masuk kurang lebih di bawah 40 ribu/motor.

Nb:
Sewaktu-waktu aturan diatas bisa berubah menyesuaikan situasi.



SERA ini pertama kali di bentuk dan di buka pada tahun 2004, di motori oleh aven dan bondel (bukan nama sebenarnya) sampai-sampai di publikasikan oleh tabloid Motor Plus, namun SERA ini tidak sampai 1,5 tahun langsung di tutup karena management Sirkuit di ganti.

Hingga sampai beberapa jam lalu dimana panitia mulai menyebar kembali undangannya untuk memberitahukan bahwa SERA di buka kembali, ini adalah kabar gembira khususnya di mata pecinta balap. Persiapkan motor dragnya untuk tuning dan persiapan lainnya :D.

Jadi SERA ini akan dibuka perdana pada hari Senin, 05 Maret 2012 sebagai wadah para pebalap liar. Silahkan kabarkan kembali pada teman-teman anda tentang SERA buka kembali.
Read more